Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Ambon: Sinergitas Literasi Digital dan Pendidikan Karakter Menuju Generasi Emas 2045

Administrator No Comments 05 September 2023

Ambon, 5 September 2023 - Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon menggelar Seminar Nasional dengan tema "Sinergitas Literasi Digital dan Pendidikan Karakter Menuju Generasi Emas 2045." Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni 5-6 September 2023, di Auditorium IAKN Ambon. Seminar nasional ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta, mulai dari dosen, mahasiswa, guru, dan masyarakat, baik secara daring maupun luring.

Sinergitas antara literasi digital dan pendidikan karakter saat ini dianggap sebagai salah satu faktor kunci dalam pembentukan generasi masa depan Indonesia. Generasi yang akan menjadi "Generasi Emas 2045" ini diprediksi akan memiliki kecerdasan intelektual dan teknologi yang lebih maju daripada generasi sebelumnya. Beberapa ciri yang diharapkan dari Generasi Emas 2045 adalah:

Kecerdasan yang komprehensif, yang mencakup produktivitas dan inovasi. Sikap damai dalam interaksi sosial dan karakter yang kuat. Kesehatan yang berkelanjutan dan kesadaran akan alam, dan Kemajuan dan peradaban yang unggul.

Lembaga pendidikan, seperti FIPK IAKN Ambon, memainkan peran penting dalam menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan transformasi pendidikan yang melihat perkembangan generasi yang komprehensif sambil tetap memperhatikan pembentukan karakter generasi bangsa.

Ketua Panitia, Franklin Untailawan, M.Pd, menyampaikan tujuan dari seminar ini adalah meningkatkan kualitas dosen, mahasiswa, guru FIPK IAKN Ambon, serta masyarakat akademis lainnya terkait literasi digital dan pendidikan karakter. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan tentang sinergitas literasi digital dan pendidikan karakter.

Para narasumber yang ahli di bidangnya telah diundang untuk membagikan pemikiran dan pengetahuan mereka dalam seminar ini. Mereka antara lain:

Dr. Made Duananda Kartika Degeng, S.Pd., M.Pd (Dosen Universitas Negeri Malang).

Mustafa, S.St.Par., M.Pd (Fasilitator Nasional Project Penguatan Profil Pancasila dari Makassar).

Dr. Ricardo F. Nanuru, S.Si., M.Phill (Dosen Universitas Kristen Indonesia Maluku).

Pdt. Maryo Indra Manjaruni, S.Si., M.Cs (Kepala Media Center GPM).

Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA, menekankan komitmen IAKN Ambon terhadap literasi digital dan pendidikan karakter dalam pembentukan generasi masa depan. Rektor berharap bahwa seminar ini akan memberikan perhatian khusus kepada sinergi dua konsep besar ini, baik oleh narasumber, presenter, maupun peserta seminar.

Seminar nasional ini diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan yang berharga dan memberikan manfaat nyata dalam menghadapi tantangan di era yang terus berkembang ini. Rektor juga berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan kontribusi positif bagi Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen dalam mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.


Komentar

Leave a Comment

KERJA SAMA