Menargetkan Akreditasi Internasional, Lembaga Penjaminan Mutu IAKN Ambon Menggelar Pendampingan Penerapan SNI ISO 21001

Administrator No Comments 29 Mei 2023

Ambon, 29 Mei 2023 - Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon telah menggelar kegiatan pendampingan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai 29 hingga 30 Mei 2023, di Auditorium IAKN Ambon dan diikuti oleh pimpinan, dosen, serta staf di lingkungan IAKN Ambon.

Dalam penjelasannya, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu IAKN Ambon, Dr. Yowelna Tarumasely, M.Pd., menjelaskan bahwa ISO 21001 adalah standar sistem manajemen pertama di tingkat internasional yang secara spesifik ditujukan bagi sektor organisasi pendidikan. Dalam pendampingan ini, Dr. Muhammad Rosiawan, MT., seorang konsultan dari PT Bintang Mas Management Consulting, turut hadir sebagai fasilitator untuk melihat sistem manajemen pendidikan di IAKN Ambon. Selain itu, pendampingan dan pelatihan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan auditor internal IAKN Ambon serta meninjau dokumen-dokumen persiapan sertifikasi ISO 21001.

Dalam sambutannya, Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA., menyampaikan komitmen lembaga dalam menjaga kualitas mutu untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Rektor menargetkan agar empat program studi di IAKN Ambon mendapatkan akreditasi unggul dan minimal satu program studi mendapatkan akreditasi internasional.

Rektor menjelaskan bahwa ISO menjadi jembatan dalam mencapai standar tersebut, namun proses ini tidaklah mudah. Diperlukan konsistensi dan kerjasama dari semua pihak dalam pembenahan dokumen serta mengikuti proses yang ada. Rektor berharap dengan kehadiran Dr. Rosiawan dalam pendampingan ini, IAKN Ambon dapat terus maju dan berkembang dengan standar mutu yang setara dengan perguruan tinggi lain di Indonesia.

Dengan digelarnya pendampingan penerapan SNI ISO 21001:2018, IAKN Ambon menegaskan komitmennya dalam menjaga kualitas pendidikan dan melangkah menuju akreditasi internasional. 


Komentar

Leave a Comment

KERJA SAMA