IAKN Ambon Menuju Akreditasi Internasional dengan Implementasi Standar ISO 21001:2018

Administrator No Comments 31 Mei 2023

Ambon, 31 Mei 2023 - Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA, dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu IAKN Ambon, Dr. Yowelna Tarumasely, M.Pd., memimpin sebuah diskusi penting terkait evaluasi kegiatan pendampingan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Diskusi ini berlangsung di Gedung Auditorium IAKN Ambon dan melibatkan sejumlah stakeholders, yakni Wakil-wakil Rektor, Kabiro, Dekan, Kaprodi, Sekprodi, serta unit dan bagian di lingkungan IAKN Ambon.

Sebagai langkah awal, IAKN Ambon telah melaksanakan pendampingan dan pelatihan oleh Dr. Muhammad Rosiawan, MT, yang kemudian diikuti dengan praktek Audit internal oleh Assesor di 4 Program Studi serta unit dan bagian di IAKN Ambon. Hasil dari kegiatan tersebut kemudian dilaporkan ke Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) untuk selanjutnya dipresentasikan dan mendapatkan masukan dari stakeholders yang hadir dalam diskusi tersebut.

Dr. Muhammad Rosiawan, MT, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut memberikan masukan yang berharga. Melalui kesepakatan yang tercapai, semua dokumen yang telah diaudit akan diperbaiki untuk memenuhi standar ISO 21001:2018. Pada bulan Oktober 2023, IAKN Ambon akan menjalani audit eksternal untuk mendapatkan sertifikasi ISO 21001:2018.

Dalam wawancara dengan Humas, Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA, menyampaikan kebanggaannya atas kemajuan yang telah dicapai. IAKN Ambon telah melalui berbagai tahapan persiapan dokumen, pendampingan, dan pelatihan Auditor Internal yang akhirnya mendapatkan sertifikat untuk melaksanakan tindak lanjut Audit secara berkelanjutan sesuai dengan standar ISO 21002:2018. Rektor optimis bahwa pada bulan Oktober, keempat Program Studi yang mengajukan sertifikasi ISO tersebut akan berhasil tersertifikasi, menjadikan IAKN Ambon semakin dekat dengan akreditasi internasional.

Rektor juga mengungkapkan harapannya bahwa dalam dua tahun ke depan, ketika IAKN Ambon menjadi Universitas, beberapa Program Studi di IAKN Ambon akan berhasil meraih akreditasi internasional. Hal ini merupakan komitmen IAKN Ambon dalam menjaga mutu pendidikan yang berkualitas dan menjadikan sistem perguruan tinggi berbasis ISO 21001:2018 sebagai upaya untuk menjaga keberlangsungan mutu.

Dengan implementasi standar ISO 21001:2018, IAKN Ambon telah memperkuat proses penjaminan mutu dan mendekati langkah-langkah menuju akreditasi internasional. Keberhasilan ini akan membantu IAKN Ambon memasuki tingkat akreditasi internasional, setidaknya pada tingkat Asia dan Eropa. IAKN Ambon tetap berkomitmen untuk menjaga mutu pendidikan yang tinggi dan memberikan pendidikan berkualitas kepada mahasiswa dengan menjadikan sistem perguruan tinggi berbasis ISO 21001:2018 sebagai landasan utama.


Komentar

Leave a Comment

KERJA SAMA